Proposal Bisnis Kuliner Jasuke "CoSweet"

A. PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG BISNIS

       Alasan kami menawarkan produk ini adalah karena saat ini semakin banyak masyarakat yang menderita kolesterol, kolesterol merupakan salah satu  penyebab kematian terbesar saat ini. Oleh karena  itu masyarakat  beralih pada makanan yang rendah kolesterol seperti jagung. Namun masyarakat  memandang jagung itu sebagai makanan yang tidak menarik dari rasa maupun bentuknya. Padahal, begitu banyak manfaat yang dikandung oleh jagung seperti melindungi jantung, mencegah anemia, bersifat antioksidan dll. Disini kami membantu masyarakat untuk mencegah maupun menimalisir resiko penyakit kolesterol.

2.VISI DAN MISI PERUSAHAAN
  • VISI
Memperkenalkan dan mengembangkan kualitas produk makanan Indonesia ‘Jagung Susu Keju (Jasuke)’ sehingga mampu menjadi makanan yang berkualitas, menarik dan diterima oleh kalangan masyarakat sebagai makanan cepat saji atau cemilan yang sehat.

  • MISI

1. Mengutamakan kualitas dalam pelayanan.
2. Berorientasi kepada kepuasan konsumen.

3. Mengembangkan inovasi – inovasi baik dalam produk maupun pelayanan.

4.Mengembangkan usaha di beberapa tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha.

5. Menambah wawasan tentang cara berwirausaha tentang Jagung susu keju (Jasuke).
  
B. PROFIIL PERUSAHAAN


 
Nama Perusahaan : Co Sweet
Nama Produk        : Jasuke "CoSweet"
Alamat                  : Kronggahan II Rt 4/ Rw 7 Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta

C. JENIS BISNIS

       Kami memutuskan untuk melakukan bisnis di bidang kuliner, yaitu kami memproduksi makanan JASUKE (jagung, susu, keju) yang terbuat dari bahan - bahan yang menyehatkan. walaupun sudah banyak  pengusaha lain yang memproduksi produk ini, kami membuatnya menjadi lebih unik dan berbeda dari yang lain, sehingga produk kami tidak kalah bersaing di pasaran. 
       Cara membuat produk kami tidak berbeda jauh dengan membuat ’Jasuke’ pada umumnya, yaitu dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Kupas kulit jagung dan bersihkan rambutnya.

2. Cuci jagung.

3. Pisahkan jagung dari bonggolnya menggunakan pisau.

4. Rebus jagung selama 20 menit.

5. Tiriskan jagung.

6. Masukkan jagung setengah cup, tambahkan mentega dan susu, isi kembali jagung hingga cup penuh, tambahkan susu, parutan keju dan coklat.

7. Jasuke siap di hidangkan.


D. PROSPEK BISNIS DAN PEMASARAN
1. Lokasi
  Pembuatan jasuke ini dilakukan di Kronggahan II Trihanggo Gamping Sleman Yogyakarta. Lokasi ini cukup strategis karena berdekatan dengan tempat les CBG (Citra Bagus Grup). Selain itu, pembeli bisa datang langsung melihat-lihat proses produksi dan dapat memesan langsung.
        
2. Sarana dan Prasarana
  Selain menggunakan rumah produksi, kami juga memanfaatkan berbagi media sosial seperti, blog, facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya. Semua sarana ini dilengkapi dengan prosedur atau tata cara membuat jasuke. 
  
3. Sumber Daya Manusia
Untuk usaha awal, sumber daya manusia yang tersedia terdiri dari lima orang yang bertanggung jawab sebagai manager, sekretaris, penanggung jawab produksi, bagian pemasaran, dan personalia. Setiap sumber daya manusia yang kami miliki memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Sehinga diharapkan dapat menjaga kualitas produk, memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, dan mampu bersaing di pasaran. 
      4. Strategi pemasaran 
     Telah banyak jenis jasuke yang bisa dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan, seperti pasar, departement store dan mall. Namun dari sekian banyak tempat perbelanjaan seperti itu membuat lebih banyak pilihan dan kurang real karena tidak bisa mencoba dan memadupadankan dengan selera yang sesuai dengan konsumen. Oleh sebab itu, masyarakat harus tahu tentang keberadaan produk kami. Untuk itu, kami telah menyusun strategi pemasaran. Tahapan-tahapannya sebagai berikut: 

a.Pengembangan Produk
              Jasuke memang telah banyak dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan. Namun kami memberikan rasa yang berbeda dan tampak lebih menarik serta lebih unik dengan bahan-bahan yang baru. Jasuke ini akan menambah cita rasa baru di dunia kuliner. Dengan adanya jasuke, diharapkan akan menambah variasi olahan jagung baru.
b. Pengembangan Wilayah Pemasaran 
              Area pemasaran utama adalah di sekitar daerah tempat tinggal kami. Contohnya di dekat tempat les CBG (Citra Baagus Grup). Promosi dilakukan melalui kelompok-kelompok kecil sampai pada tingkat yang lebih tinggi.      
c. Kegiatan Promosi
              Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. Kami melakukan promosi produk kami pada tahap awal melalui mulut ke mulut. Selanjutnya dilakukan juga promosi melalui media sosial yang kini marak di dunia maya.  
5. Strategi Produksi   
Kami memproduksi Jasuke yang belum ada dipasaran. Kami juga memberikan pilihan varian toping yang menarik kepada konsumen. Kami berusaha menciptakan suatu pembaharuan di dunia makanan khususnya jagung.Proses produksi kami tidak dilakukan sewaktu-waktu saja.Namun berjalan terus menerus selama ada waktu luang 

6.STRATEGI PENETAPAN HARGA

Harga  merupakan suatu variabel yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis.
Harga menunjukkan level dari suatu produk juga menjadi acuan tentang bagaimana
produk itu seharusnya bila dilihat daei harganya.   
Harga yang kami tawarkan di sini, kami sesuaikan dengan sasaran kami yaitu para
masyarakat menengah ke bawah. Harga kami sesuaikan dengan bahan dan berbagai
variable lain. Kami akan mengutamakan kualitas makanan, dan tidak hanya berfokus
mengambil keuntungan semata.

7. RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

Rencana - rencana pengembangan produksi kami antara lain :
a. Memperluas wawasan dibidang makanan khususnya Jasuke.
b. Menemukan dan menciptakan cara terbaru dalam membuat Jasuke.  
c. Memperluas berbagai cita rasa Jasuke.
d. Meningkatkan Produksi.
e. Analisis resiko usaha dan antisipasinya. 

E. PENUTUP
          Jasuke merupakan suatu jenis makanan yang kami buat dengan memberikan variasi rasa dan toping yang unik serta baru. Produk kami ini bertujuan membantu masyarakat untuk lebih sering mengonsumsi jagung dalam sehari-hari. Karena, jagung dapat menurunkan kadar kolesterol, mencegah anemia, bersifat antioksidan dan melindungi jantung pada masyarakat. Proses pemasaran pada tahap awal kami lakukan melalui mulut ke mulut, lalu tahap selanjutnya dilakukan melalui media sosial seperti blog, facebook, twitter dan instagram. Harga yang kami tetapkan cukup terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. Kami juga menyediakan pelayanan pemesanan jasuke.
 


Komentar