Proposal Bisnis Kuliner Jasuke "CoSweet"
A. PENDAHULUAN
2.VISI DAN MISI PERUSAHAAN
1. LATAR BELAKANG BISNIS
Alasan
kami menawarkan
produk ini adalah karena saat ini semakin banyak masyarakat yang menderita
kolesterol, kolesterol merupakan salah satu penyebab kematian
terbesar saat ini. Oleh karena itu masyarakat beralih
pada makanan yang rendah kolesterol seperti jagung. Namun
masyarakat memandang jagung itu sebagai makanan yang tidak
menarik dari rasa maupun bentuknya. Padahal, begitu banyak manfaat yang
dikandung oleh jagung seperti melindungi jantung, mencegah anemia, bersifat
antioksidan dll. Disini kami membantu masyarakat untuk mencegah maupun
menimalisir resiko penyakit kolesterol.
2.VISI DAN MISI PERUSAHAAN
- VISI
Memperkenalkan dan mengembangkan
kualitas produk makanan Indonesia ‘Jagung Susu Keju (Jasuke)’ sehingga mampu
menjadi makanan yang berkualitas, menarik dan diterima oleh kalangan masyarakat
sebagai makanan cepat saji atau cemilan yang sehat.
- MISI
1. Mengutamakan kualitas
dalam pelayanan.
2. Berorientasi kepada
kepuasan konsumen.
3. Mengembangkan inovasi –
inovasi baik dalam produk maupun pelayanan.
4.Mengembangkan usaha di
beberapa tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha.
5. Menambah wawasan tentang
cara berwirausaha tentang Jagung susu keju (Jasuke).
B. PROFIIL PERUSAHAAN
Nama Perusahaan : Co Sweet
Nama Produk : Jasuke "CoSweet"
Alamat : Kronggahan II Rt 4/ Rw 7 Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta
C. JENIS BISNIS
Kami memutuskan untuk melakukan bisnis di bidang kuliner, yaitu kami memproduksi makanan JASUKE (jagung, susu, keju) yang terbuat dari bahan - bahan yang menyehatkan. walaupun sudah banyak pengusaha lain yang memproduksi produk ini, kami membuatnya menjadi lebih unik dan berbeda dari yang lain, sehingga produk kami tidak kalah bersaing di pasaran.
Cara membuat produk kami tidak berbeda jauh dengan membuat ’Jasuke’ pada umumnya, yaitu dengan langkah-langkah berikut ini:
1. Kupas kulit jagung dan bersihkan rambutnya.
2. Cuci jagung.
3. Pisahkan jagung dari bonggolnya menggunakan
pisau.
4. Rebus jagung selama 20 menit.
5. Tiriskan jagung.
6. Masukkan jagung setengah cup, tambahkan mentega
dan susu, isi kembali jagung hingga cup penuh, tambahkan susu, parutan keju dan
coklat.
7. Jasuke siap di hidangkan.
D. PROSPEK BISNIS DAN PEMASARAN
1. Lokasi
Pembuatan
jasuke ini dilakukan
di Kronggahan II Trihanggo Gamping Sleman Yogyakarta. Lokasi ini cukup
strategis karena berdekatan dengan tempat les CBG (Citra Bagus Grup). Selain
itu, pembeli bisa datang langsung melihat-lihat proses produksi dan dapat
memesan langsung.
2. Sarana dan Prasarana
Selain
menggunakan rumah
produksi, kami juga memanfaatkan berbagi media sosial seperti, blog, facebook,
twitter, instagram dan lain sebagainya. Semua sarana ini dilengkapi dengan
prosedur atau tata cara membuat jasuke.
3. Sumber Daya Manusia
Untuk
usaha awal, sumber
daya manusia yang tersedia terdiri dari lima orang yang bertanggung jawab
sebagai manager, sekretaris, penanggung jawab
produksi, bagian pemasaran, dan personalia. Setiap sumber daya manusia yang
kami miliki memiliki keahlian di bidangnya
masing-masing. Sehinga diharapkan
dapat menjaga
kualitas produk, memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, dan mampu
bersaing di pasaran.
4. Strategi pemasaran
Telah banyak jenis jasuke
yang bisa dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan, seperti pasar, departement
store dan mall. Namun dari sekian banyak tempat perbelanjaan seperti itu
membuat lebih banyak pilihan dan kurang real karena tidak bisa mencoba dan
memadupadankan dengan selera yang sesuai dengan konsumen. Oleh sebab itu,
masyarakat harus tahu tentang keberadaan
produk kami. Untuk itu, kami telah menyusun strategi pemasaran.
Tahapan-tahapannya sebagai berikut:
a.Pengembangan Produk
Jasuke memang telah
banyak dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan. Namun kami memberikan rasa yang
berbeda dan tampak lebih menarik serta lebih unik dengan bahan-bahan yang baru.
Jasuke ini akan menambah cita rasa baru di dunia kuliner. Dengan adanya jasuke,
diharapkan akan menambah variasi olahan jagung baru.
b. Pengembangan Wilayah Pemasaran
Area pemasaran utama
adalah di sekitar daerah tempat tinggal kami. Contohnya di dekat tempat les CBG
(Citra Baagus Grup). Promosi dilakukan melalui kelompok-kelompok kecil sampai
pada tingkat yang lebih tinggi.
c. Kegiatan Promosi
Promosi merupakan bagian dari
proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu
usaha. Kami melakukan promosi produk kami pada tahap awal melalui mulut ke
mulut. Selanjutnya dilakukan juga promosi melalui media sosial yang kini marak
di dunia maya.
5. Strategi Produksi
Kami
memproduksi Jasuke
yang belum ada dipasaran. Kami juga memberikan pilihan varian toping yang
menarik kepada konsumen. Kami berusaha menciptakan suatu pembaharuan di dunia
makanan khususnya jagung.Proses produksi kami tidak dilakukan sewaktu-waktu
saja.Namun berjalan terus menerus selama ada waktu luang
6.STRATEGI PENETAPAN HARGA
Harga merupakan suatu variabel yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis.
6.STRATEGI PENETAPAN HARGA
Harga merupakan suatu variabel yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis.
Harga menunjukkan level dari suatu produk juga menjadi acuan tentang bagaimana
produk itu seharusnya bila dilihat daei harganya.
Harga
yang kami tawarkan di sini, kami sesuaikan dengan sasaran kami yaitu para
masyarakat menengah ke bawah. Harga kami sesuaikan dengan bahan dan berbagai
variable lain. Kami akan mengutamakan kualitas makanan, dan tidak hanya
berfokus
mengambil keuntungan semata.
7. RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
Rencana - rencana pengembangan produksi kami antara lain :
a. Memperluas wawasan dibidang makanan khususnya Jasuke.
b. Menemukan dan menciptakan cara terbaru dalam membuat Jasuke.
c. Memperluas berbagai cita rasa Jasuke.
d. Meningkatkan Produksi.
e. Analisis resiko usaha dan antisipasinya.
E. PENUTUP
Jasuke
merupakan suatu jenis
makanan yang kami buat dengan memberikan variasi rasa dan toping yang unik
serta baru. Produk kami ini bertujuan membantu masyarakat untuk lebih sering
mengonsumsi jagung dalam sehari-hari. Karena, jagung dapat menurunkan kadar
kolesterol, mencegah anemia, bersifat antioksidan dan melindungi jantung pada
masyarakat. Proses pemasaran pada tahap awal kami lakukan melalui mulut ke
mulut, lalu tahap selanjutnya dilakukan melalui media sosial seperti blog,
facebook, twitter dan instagram. Harga yang kami tetapkan cukup terjangkau oleh
masyarakat menengah ke bawah. Kami juga menyediakan pelayanan pemesanan jasuke.
Komentar
Posting Komentar